Kacab JR Kaltim Menjadi Wakil Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kota Balikpapan

Bertempat di halaman kantor Wali Kota Madya Balikpapan, (22/2), Kakak Tri Haryanto (“Kakak”panggilan akrab kepramukaan), dilantik oleh Ketua Pramuka Kaltim, Kakak Hatta Zainal, menjadi wakil ketua Majelis pembimbing Gerakan Pramuka Kota Balikpapan. Pelantikan ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Balikpapan, H. Andi Burhanuddin Solong, para unsur Muspida yang juga menjabat di unsur majelis pembina Pramuka Balikpapan.

Dihadapan seluruh warga Pramuka Kota Balikpapan, Kakak Hatta Zainal, menegaskan, Pramuka harus mengawal 4 pilar Negara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Disetiap dada warga pramuka lanjut, Hatta, dan seluruh anak bangsa dari Sabang sampai Merauke harus tertanam kuat bahwa jiwa Kepramukaan adalah semangat Merah Putih dan Jiwa Garuda Pancasila.
Pramuka adalah lembaga pendidikan nonformal untuk membentuk watak, sikap patriotisme dan nasionalisme dalam bingkai NKRI yang majemuk, mandiri dan berdaulat. Pramuka salah satu lembaga untuk mencetak generasi bangsa. Pendidikan Kepramukaan, ungkap Hatta, bisa menjadi solusi bagi generasi muda terhadap maraknya tawuran pelajar/mahasiswa, ancaman narkoba, kerusakan lingkungan, penggangguran dan berbagai persoalan sosial lain. Mudah-mudahan lewat kepengurusan ini, Pramuka di Kota Balikpapan semakin maju * ( Humas JR Kaltim/ Leo ) *

This entry was posted in . Bookmark the permalink.