Bangun Potensi IW Kaper Samarinda Kunjungi Kota Bangun

Kota Bangun - Kepala Perwakilan Samarinda, Nawardi didampingi petugas Samsat Kota Bangun Ferdynand, melakukan kunjungan ke Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara, pekan lalu. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangkaian kunjungan road show ke beberapa Kantor Samsat Pembantu di wilayah Kutai Kartanegara.
Kota Bangun terletak di wilayah pedalaman Kabupaten Kutai Kartanegara  dan merupakan pemukiman tertua di wilayah ini bahkan se-Kalimantan Timur. Kecamatan Kota Bangun yang dibelah oleh sungai Mahakam dan Sungai Belayan ini memiliki beberapa  Dermaga. Salah satu dermaga yang resmi yakni Dermaga Kota Bangun yang berada di tengah-tengah pemukiman penduduk di pinggiran sungai Mahakam.
Hanya saja seperti penuturan Kepala Dermaga Kota Bangun, Muhammad Gozi, Hanya ada dua kapal motor yang secara resmi beroperasi dan singgah di dermaga Kota Bangun. Selebihnya kapal motor yang biasa disebut ces/ketinting atau long boat di sini tidak memiliki ijin operasi karena dari sisi teknis tidak layak sebagai angkutan.
Namun demikian, pihaknya tetap melakukan  pendataan dan memantau perkembangan kapal-kapal motor tersebut. “Kita tetap mengawasi operasional kapal-kapal mereka dan melakukan pendataan,” ungkap Gozi.
Nawardi mengharapkan kerjasama pihak Kepala Dermaga agar terus melakukan pembinaan terhadap pemilik kapal dan mengikuti ketentuan  kelaikan teknis jika mengangkut penumpang umum. “Ini kewajiban kita bersama untuk membina mereka,”ujar Nawardi yang disambut baik oleh Muhammad Gozi. *(Humas JR Kaltim/Samarinda/nw)*.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.