Survey Bakal Calon Kampung JR Kalimantan Timur

Kukar - Jasa Raharja yang tugas pokoknya pelaksana UU No. 33 & 34 tahun 1964, disamping itu juga memberikan bantuan modal kepada usaha kecil dan menengah, salah satunya usaha peternakan yang ditinjau peternakan Sapi di Desa Karya Jaya Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara, Desa termiskin ke 3 se Kabupaten Kutai Kartanegara.
Desa ini berdiri Tahun 1982 dihuni sebanyak 203 Kepala keluarga, pendapatan masyarakat pada umumnya berasal dari Pertanian dan Peternakan, salah satunya peternakan sapi, sebanyak 819 sapi diternak oleh masyarakat Desa tersebut. Inilah yang direspon oleh Jasa Raharja Kalimantan Timur dengan melakukan survey on the spot balon (bakal calon) Kampung Jasa Raharja di Desa Karya Jaya Kecamatan Samboja.
Ardiansyah selaku Kasubag PKBL melakukan pertemuan dengan Kepala Desa Karya Jaya M. Ngaliman dan Badan Permusawaratan Desa Sri Yanto dan beberapa masyarakat, dalam pertemuan tersebut Ardiansyah menyampaikan tugas pokok Jasa Raharja, serta menyampaikan keiginan Jasa Raharja untuk membantu usaha peternakan sapi yang dikelola oleh warga dengan memberikan bantuan pinjaman lunak kepada peternak dalam mengembangkan usaha ternak sapinya. Jasa Raharja akan memberikan bantuan kepada seluruh peternak melalui kelompok -kelompok peternak, apabila seluruh peternak sudah mendapatkan pinjaman, maka akan diberikan nama ” Kampung Jasa Raharja”
Selanjutnya Ardiansyah meninjau kandang-kandang sapi yang telah dilengkapi dengan tehnologi pemanfaatan limbah kotoran sapi menjadi sumber energi Biogas yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar memasak. Kepala Desa M. Ngaliman berharap rencana ini segera dapat direalisassikan agar dapat Desa ini sebagai sentra peternakan sapi . *(Humas JR Kaltim/Leo)*.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.