JR Samarinda Kunjungi Pelabuhan Sendawar Kab. Kutai Barat

Kutai Barat - Kepala Perwakilan Jasa Raharja Samarinda, Nawardi, bersama dengan Penanggungjawab Samsat Sendawar Bitnen Sitorus, Kamis, (6/6), mengunjungi kantor UPT pelabuhan Sendawar Kabupaten Kutai Barat. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk bersilaturahmi dan ber koordinasi dengan petugas ASDP Dishubkominfo Kabupaten Kutai Barat. Dalam kunjungan, Nawardi diterima langsung oleh petugas UPT Pelabuhan Sendawar, Suhaimi. Pada kesempatan tersebut Suhaimi menjelaskan bahwa petugas pelabuhan di Sendawar bertugas selama 24 jam dan saat ini adalah pergantian petugas jaga.
Dikemukakan bahwa pelabuhan ini melayani kapal-kapal yang berangkat dari Samarinda menuju Sendawar (Melak) dan selanjutnya meneruskan perjalanan ke Kabupaten Mahakam Hulu. Kabupaten ini baru terbentuk tahun ini yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat. Dulu sebelum akses jalan darat tembus ke Sendawar (Melak), maka satu-satunya lalu lintas yang digunakan adalah angkutan sungai ini. “Pelabuhan ini dulu cukup ramai disinggahi kapal-kapal penumpang dari Samarinda ke Sendawar (Melak) dan sebaliknya,” ungkap Suhaimi. Saat ini hanya penumpang yang menuju ke Mahakam Hulu yang masih menggunakan angkutan sungai ini. “Dari Samarinda ke Mahakam Hulu diperkirakan memakan waktu sekitar 24 Jam. “Memang ini satu-satunya akses ke Long Bagun Ibu kota Kabupaten Mahakam Hulu. Akses jalan darat belum tembus ”, lanjut Suhaimi melanjutkan.
Terkait dengan perlindungan asuransi bagi penumpang, Suhaimi menjelaskan bahwa untuk pembayaran Iuran Wajib penumpang kapal dari Samarinda ke Sendawar atau ke Mahakam Hulu atau sebaliknya semua sudah terkoordinir dengan baik. “Tidak ada masalah dan semua berjalan lancar,” tambah Suhaimi. *(humas jr kaltim/samarinda/nw)*

This entry was posted in . Bookmark the permalink.